Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah

Daerah Istimewa Yogyakarta

Artikel


Wagub Buka Acara Penyusunan Perencanaan Tenaga Ker

Oleh : admin | 04 December 2017

YOGYAKARTA (24/11/2017) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X hadir sekaligus membuka pada acara Ekspose Penyusunan Perencanaan Tenaga Kerja (PPTK) DIY yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) DIY pada (24/11) di Ruang Mendut Grand Inna Malioboro Hotel Yogyakarta.

Sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY menyampaikan, bahwa pembangunan ketenagakerjaan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945. Dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, untuk meningkatkan hakat, martabat,  dan harga diri tenaga kerja serta mewujudkan masyarakat sejahtera, adil, makmur, dan merata baik materi maupun spiritual. 

Pembangunan ketenagakerjaan bertujuan memberdayakan dan mendayagunakan kerja secara optimal dan manusiawi. Untuk mewujudkan tujuan pembangunan ketenagakerjaan tersebut diperlukan perencanaan tenaga kerja yang terarah, berkesinambungan sebagaimana diamanatkan pada pasal 7 ayat 3 UU no.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan bahwa penyusunan kebijakan strategi dan pelaksanaan program pembangunan ketenagakerjaan yang berkesinambungan, pemerintah harus berpedoman pada perencanaan tenaga kerja. 

Wakil Gubernur DIY menambahkan, diselenggarakannya Forum Ekspose PPTK di Daerah Istimewa Yogyakarta ini, diharapkan dapat disusun perencanaan tenaga kerja yang lebih baik untuk 5 tahun kedepan, sekaligus permasalahan yang mungkin terjadi akan dapat diatasi atau diminimalisir. 

Acara ini dihadiri oleh Kepala Pusat Perencanaan Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Drs. Agus  Triyanto AS, MM, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY dr. Andung Pihadi Santosa, M.Kes.(san)