Tentang Kami

Riwayat Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) wajib menyusun Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD).
Perencanaan pembangunan merupakan suatu fungsi utama manajemen pembangunan yang selalu diperlukan karena kebutuhan akan pembangunan lebih besar dari sumber daya (resources) yang tersedia. Melalui perencanaan pembangunan yang baik dapat dirumuskan kegiatan pembangunan yang secara efisien dan efektif dapat memperoleh hasil yang optimal dalam pemanfaatan sumber daya yang tersedia dan potensi yang ada.
Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional telah merubah pola perencanaan yang ada, dari shopping list ke working plant. Di mana satuan kerja perangkat daerah menyusun perencanaan berdasarkan pagu indikatif dan perencanaan yang disusun merupakan hasil dari proses perencanaan yang telah memadukan proses politik, proses teknokratik, proses partisipatif dan proses bottom-up dan top down.
Sesuai Peraturan Daerah Istimewa Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2015 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah DIY merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkedudukan dibawah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah DIY dan berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 49 Tahun 2015 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah, bagian kesepuluh 5 pasal 76 disebutkan bahwa Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan serta memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang pekerjaan umum, perumahan, energi dan sumberdaya mineral, lingkungan hidup, perhubungan, komunikasi, informatika, kehumasan, dekonsentrasi dan tugas pembantuan, penelitian dan pengembangan, serta layanan pengadaan.
Rencana Strategis Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY merupakan dokumen rencana pembangunan selama 5 tahun. Rencana Strategis Biro Administrasi Pembangunan Setda DIY berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Daerah Istimewa Yogyakarta 2012 – 2017.

Ada yang Bisa Kami Bantu?
Chat Box
-
Silakan Isi Data Berikut untuk Memulai Chatting dengan Kami.
Kode Acak ganti kode