Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah

Daerah Istimewa Yogyakarta

Artikel


Wagub Terima Audensi BKKBN Pusat

Oleh : admin | 04 December 2017

Yogyakarta (17/11/2017) jogjaprov.go.id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan kunjungan kepada Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X, pada Jumat (17/11) di Gedhong Pare Anom, Kepatihan, Yogyakarta. Kunjungan ini dalam rangka mengundang Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menghadiri International Meeting yang merupakan pertemuan tahunan organisasi Partners in Population and Development (PPD) mendatang. 

Wakil Gubernur DIY mengapresiasi dan sangat mendukung keberhasilan acara ini serta mengharapkan agar acara ini dapat menjadi ladang investasi intelektual mahasiswa-mahasiswa di Indonesia juga mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia pada umumnya, dan masyarakat DIY pada khususnya yang setiap tahunnya mampu menerima sekitar 80.000 mahasiswa baru dari berbagai daerah. 

Prof. Rizal Damanik selaku Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN menjelaskan bahwa ini adalah pertemuan ke-14 kalinya, dan merupakan tahun kedua untuk Indonesia sebagai tuan rumah yang sebelumnya juga dilaksanakan di Yogyakarta pada tahun 2010. Tema besar “Suistanable Cities, Human Mobility, and International Migration” ini merupakan usulan dari beberapa negara, untuk membangun kota yang berkelanjutan. Harapannya, selain bisa menghasilkan pokok-pokok pikiran tentang 3 isu kependudukan tersebut, juga ingin menunjukan kepada negara-negara lain bahwa Indonesia berada di posisi terdepan untuk permasalahan kependudukan. Hal ini juga dapat menjadi ladang mempromosikan program utama BKKBN, yaitu Kampung KB yang sudah tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dan terdapat sekitar 44 Kampung KB yang berlokasi di Yogyakarta.  

International meeting yang akan dihadiri oleh Wakil Perdana Menteri Tiongkok, 26 negara anggota PPD, para ilmuwan dari mancanegara, dan Badan Dunia yang menangani masalah kependudukan ini akan diselenggarakan di Hotel Hyatt Regency, pada tanggal 28 dan 29 November 2017 mendatang (dis).